Jumat, 22 Maret 2019

Simbiosis Komensalisme


Halo teman-teman, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai simbiosis komensialisme. Perhatikan gambar berikut ini! 



Apakah interaksi kedua makhluk hidup tersebut termasuk simbiosis komensalisme? Ayo kita simak penjelasa berikut ini!
 
Simbiosis
Simbiosis berasal dari bahasa Yunani “sym” yang berarti “dengan” dan “biosis” yang berarti “kehidupan”. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Simbiosis Komensalisme
Simbiosis Komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang menguntungkan 1 pihak dan pihak yang lain tidak dirugikan maupun diuntungkan. Atau hubungan di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Contoh – Contoh Simbiosis Komensalisme

1.      Tumbuhan Paku dan Tanaman Jati
Tumbuhan Paku memperoleh keuntungan dengan hidup menempel pada Tanaman Jati, Tanaman Jati tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh Tumbuhan Paku

2.      Ikan Remora dan Ikan Hiu
     Ayo tonton video ini sebagai ilustrasi!


Ikan remora mempunyai semacam alat penghisap sehingga dapat menempel pada ikan hiu atau ikan lainnya yang lebih besar. Dengan menempel pada Ikan Hiu, ikan remora akan memperoleh sisa makanan dari Ikan Hiu. Ikan Hiu tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh Ikan Remora.
3.      Ikan Pari dan Ikan Remora
Ikan remora melekatkan tubuhnya pada tubuh ikan pari dengan menggunakan sirip punggung yang telah berubah menjadi alat pengisap. Ketika ikan pari memperoleh mangsa, ikan remora akan mendapai sisa-sisa dari mangsa ikan pari tersebut. Di samping itu, karena melekat pada tubuh ikan pari, ikan remora akan aman manakala ada ikan lain yang akan memangsanya.

4.      The Goby dan Bulu Babi
The Goby adalah ikan yang berukuran kecil yang bersembunyi dan berlindung di antara celah celah bulu babi yang beracun. Bulu Babi sendiri tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan The Goby.

5.      Paku Tanduk Rusa dan Pohon Inang 
Tumbuhan paku tanduk rusa atau simbar menjangan banyak ditanam atau ditempelkan pada pohon, baik di taman maupun di halaman. Bentuk daunnya yang menarik menjadikan tumbuhan tersebut banyak dipakai sebagai tanaman hias. Sifat tumbuhan ini mirip dengan anggrek, vanili, dan paku picis. Meskipun tubuhnya menempel pada batang suatu pohon, tumbuhan tersebut tidak merugikan sebab tumbuhan tersebut tidak menyerap zat-zat makanan dari pohon yang ditumpanginya.

6.      Tumbuhan Sirih dan Tumbuhan Inangnya
Tumbuhan Sirih mendapat keuntungan dengan tumbuh merambat pada Tumbuhan Inangya. Tumbuhan inangnya tidak dirugikan maupun diuntungkan.




7.      Angrek Bulan dan Pohon Mangga
Tumbuhan Anggek Bulan menempel pada Pohon Mangga sehingga menerima sinar matahari. Pohon Mangga tidak dirugikan maupun diuntungkan



8.      Pohon Randu dan Anggrek
Anggrek menempel pada pohon randu agar mudah mendapatkan sinar matahari, untuk mempercepat fotosintesis (Anggrek diuntungkan) sementara pohon randu tidak diuntungkan dan dirugikan karena anggrek tidak memberikan atau mengambil apapun dari pohon randu.



9.      Udang dan Mentimun Laut
Udang memperoleh keuntungan dengan "menunggangi" hewan laut yang cepat dan besar seperti mentimun laut untuk mengambil sisa sisa makanan. Mentimun laut tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan Udang.


10.  Bakteri Pembusuk dalam Usus Manusia
Bakteri pembusuk yang hidup pada usus besar manusia menyerap zat-zat makanan yang sudah tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Dalam hal ini, bakteri tersebut mendapatkan keuntungan, tetapi tidak merugikan manusia yang ditumpanginya.

2 komentar:

  1. Bagaimana kalau interaksi antara Ikan pelot dan penyu? Apakah termasuk simbiosis komensalisme atau simbiosis yang lain?

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas pertanyaannya. Ikan pelot hidup di sekitar penyu agar mendapatkan sisa-sisa makanansedangkan kehadiran ikan pelot tidak mengganggu penyu. jadi bisa interaksi antara ikan pelot dengn penyu merupakan simbosis komensalisme

    BalasHapus