Jumat, 22 Maret 2019

Bangun Segi Banyak dan Bukan Segi banyak



 Halo teman-teman! Apa kabar? Pernah mendengar kata-kata poligon? Apakah kamu tahu apa itu poligon? Nah, kali ini kita akan belajar tentang poligon atau yang biasa kita sebut sebagai bangun segi banyak.
Segi banyak (poligon) adalah bangun datar tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis. Bangun datar dalam matematika disebut sebagai bangun geometri. Dari pengertian segi banyak tersebut, berilah tanda () pada bangun segi banyak dan tanda (X) pada bangun yang bukan bangun segi banyak!




Jumlah sudut yang ada sama banyak dengan jumlah sisi yang dimilikinya. Jumlah dan model ruas garis yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun datar tersebut. misalnya bidang yang dibatasi oleh 3 ruas garis, disebut bangun segitiga. Bidang yang dibatasi oleh 4 ruas garis disebut segiempat. Bidang yang dibatasi oleh 5 ruas garis disebut segilima dan seterusnya. Jumlah ruas garis serta model yang dimiliki oleh sebuah bangun merupakan salah satu sifat bangun datar tersebut. jadi, sifat suatu bangun datar ditentukan oleh jumlah ruas garis, model garis, besar sudut, dan lain-lain.
a. Segitiga
Merupakan bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Jumlah ketiga sudut adalah 180 derajat. Segitiga memiliki macam-macam bentuk





b. Segi empat
Merupakan bangun yang memiliki 4 sisi dan 4 sudut. Jumlah sudutnya adalah 360 derajat. Contoh bangun segi empat.




Bangun segi banyak yang lain ada segi lima (Pentagon), segi enam (Hexagon), segi tujuh (Heptagon), segi delapan (Oktagon), segi sembilan (Nonagon) dan segi Sepuluh (Dekagon).

Menurut bentuknya, segi banyak dibedakan menjadi dua yaitu segi banyak beraturan dan segi banyak tak beraturan.
a. Segi banyak beraturan
Yaitu segi banyak yang semua sisi memiliki ukuran panjang yang sama dan semua besar sudutnya sama. Yang termasuk segi banyak beraturan yaitu:





b. Segi banyak tak beraturan
Yaitu poligon yang panjang sisi dan besar sudut ukurannya tidak sama. Contoh bangun segi banyak tak beraturan:




Untuk menambah pemahaman kalian, mari kita lihat video berikut ini!


Nah teman-teman, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat kita pahami dan bermanfaat bagi masa depan kita. Aamiin. 
untuk mengetahui seberapa paham kamu mengnai materi ini ayo ikuti kuisnya. Klik link berikut quiz-segi-banyak
Sampai jumpa di artikel selanjutnya!



11 komentar:

  1. Kalau segi tiga jumlahsudutnya 180 derajat. Segi empat 360 derajat. Kalau segi lima jumlah sudutnya brapa ya?

    BalasHapus
  2. Trimakasih. Pertanyaan yang bagus. Segi lima atau disebut juga pentagon memiliki jumlah sudut 540 derajat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ§‘πŸ’›πŸ’›πŸ’™πŸ’šπŸ’œπŸ’œπŸ€ͺπŸ’œπŸ’šπŸ’™πŸ’™πŸ’›πŸ§‘πŸ§‘πŸ’›πŸ’šπŸ’œπŸ€ͺπŸ’œπŸ’šπŸ’™πŸ’™πŸ’™πŸ’›πŸ’›πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘πŸ§‘

      Hapus
    2. Bangun yang bukan segi banyak dan mempuyai garis lengkung adalah bangun apa

      Hapus
  3. Trimakasih membantu sekali unt brlajar anak saya apalg pdlm masa pandemi ini yg diharuskan belajar dg simstem daring..

    BalasHapus
  4. Makasih membantu bangetttttttzz πŸŒšπŸ™πŸ™πŸ™❤️❤️

    BalasHapus
  5. My whole family had to move to our new home in Georgia. It was a hassle trying to find the best moving company to move my wife and my car over to our new home. But I found out about Quantum Auto Transport while scrolling the internet; with the many positive reviews I saw, I decided to give them a try. I must say that I'm beyond impressed with the speed and efficiency. They made sure my car was in perfect shape, and I'm very thankful for their help. Wonderful service I got from them! ccar shipping

    BalasHapus